Problem Instalasi Windows XP dan SATA Mode

Keponakan saya baru saja membeli notebook Acer Aspire 4530. Dengan spesifikasi AMD Turion X2 64 bit, NVIDIA GeForce 9100M G, RAM 2.5 GB, HDD 160GB. Spek yang lumayan canggih buat saya. Dia meminta bantuan saya untuk menginstall Windows XP di notebook tsb.

Awalnya saya pikir bakal mudah, karena saya berkali-kali sukses menginstall Windows XP. Namun saya salah.

Saya boot dari CD Windows XP, awalnya lancar. Namun setelah setup selesai memuat driver-driver standar untuk instalasi, sistem di restart. dan blue screen…

Saya coba restart lagi. Masih sama. Saya coba uninstall Linux Ubuntu yang sudah saya install sebelumnya. Saya coba install ulang Windows XP lagi. Masih sama.. blue screen.

Kemudian saya coba-coba cari informasi apa maksud stop code

Stop: 0x0000007B (0xf78DA63C,0xc000034, 0×00000000, 0×00000000)

yang selalu ditampilkan ketika blue screen.

Dari Internet, ternyata kode ini berarti Windows tidak mampu menemukan device untuk booting. Awalnya saya merasa aneh, sebab Ubuntu yang sudah terinstall sebelumnya jalan mulus.

Coba-cari-cari informasi lagi, akhirnya saya menemukan bahwa Windows XP yang saya install tidak kompatible dengan SATA mode AHCI.
[ad#ads250x250]
Kemudian saya coba restart dan masuk BIOS. Pada notbeook Acer ini, mode operasi SATA dapat Anda temukan pada bagian Main->SATA mode. Saya ubah modenya dari AHCI ke IDE mode. Save BIOS lalu restart.

Voila! Windows XP sukses diinstall.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>